ead KPU Sosialisasi Lagu Mars Pemilu ~ KAPHA ACEH

Selasa, Februari 04, 2014

KPU Sosialisasi Lagu Mars Pemilu

Baliho Pemilu 2014 di Gedung KPU Foto: Tahta Aidilla/Republika
REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Lewat Mars Pemilihan Umum, KPU Kota Malang, Jawa Timur, akan melakukan sosialisasi secara intensif yang menyasar para pemilih pemula di jenjang sekolah menengah atas (SMA).

"Kami akan menggandeng Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang untuk melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula dengan memutar lagu mars Pemilihan Umum (Pemilu) di seluruh SMA sebelum pelajaran dimulai," kata komisioner Komisi pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Zainuddin, Senin (3/2).

Menurutnya, jika mars Pemilu selalu diputar atau diperdengarkan kepada pelajar setiap menjelang pelajaran dimulai, mereka akan selalu ingat bahwa Pemilu Legislatif (Pileg) bakal digelar 9 April nanti.

Artinya, kata Zainuddin, para pelajar, khususnya yang sudah memiliki hak pilih akan tergerak untuk menggunakan hak pilihnya dalam menentukan wakil rakyat untuk lima tahun ke depan.

Selain melalui pemutaran lagu mars Pemilu, lanjutnya, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi secara intensif ke SMA-SMA yang memiliki potensi pemilih pemula cukup besar. Sosaialisasi tersebut dikemas dalam program 'Road to School'.

Melalui program tersebut, KPU mendatangi sekolah-sekolah untuk memberi pemahaman tentang pentingnya memilih dan waktu pelaksanaan Pileg 9 April 2014.

Ia mengakui sosialisasi Pileg tersebut tidak hanya di tingkat pelajar (SMA), tapi juga di kalangan mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi yang ada di Kota Malang, sebab tidak menutup kemungkinan juga menjadi pemilih pemula.

Sembari menunggu petunjuk dari KPU pusat terkait pelaksanaan Pileg, KPU Kota Malang sudah lebih dulu melakukan sosialisasi dengan berbagai bentuk. Di antaranya, sosialisasi tatap muka, pemasangan spanduk, jalan sehat, karnaval hingga pawai.

Zainuddin berkata, model sosialisasi tatap muka, akan dilakukan dengan sasaran masyarakat umum, termasuk anak-anak muda. "Gencarnya sosialisasi ada seluruh elemen tersebut untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih, termasuk pemilih pemula," ujarnya.

Untuk memaksimalkan sosialisasi Pileg pada seluruh lapisan masyarakat itu, KPU juga telah merekrut 25 orang relawan dengan sasaran lima komunitas, seperti masyarakat pinggiran, kelompok agama, dan kelompok perempuan serta kelompok disabelitas.

Jumlah pemilih Pileg di Kota Malang yang sudah amsuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 600 ribu jiwa lebih dan 20 persen di antaranya adalah pemilih pemula.

republika.co.id

0 Komentar:

Posting Komentar