ead Apa itu anak ? ~ KAPHA ACEH

Minggu, Agustus 25, 2013

Apa itu anak ?

Foto : Koordinator KAPHA Aceh

IMF

ANAK sebutan untuk makhluk kecil, bukan hanya manusia,s emua makhluk yang berusia dini juga biasa disebut anak. Secara islami anak dapat disingkat ANugrah Allah untuk Kita (ANAK). Maka makhluk apapun yang memiliki anak, itu merupakan anugerah.

Dalam Konvensi Hak Anak (KHA), usia anak mulai dari 0 sampai dengan 18 tahun, dalam masa itu, setiap orang dituntut untuk memenuhi hak-hak anak. Tentu saja, sejak dalam kandungan hak anak harus diberika mulai dari hak hidup, tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak untuk berpartisipasi.

Menurut Koordinator Koalisi Advokasi dan Pemantauan Hak Anak (KAPHA), Muhammad Khalissul Surya Bin Surya ada 5 aspek yang harus diisi pada masa pertumbuhan anak.
"Lima aspek itu sangat penting untuk ada mulai dari fisik, psikologi, sosial, emosional dan spiritual," sebut Khalissul kepada KAPHA NEWS.

Menurutnya jika ada satu aspek yang tidak diisi dalam usia anak, maka pertumbuhan tidak akan stabil. "Fisik diberi, aspek sosial tidak diisi, ya sama saja, si anak hanya kuat fisiknya,". Atas dasar itulah Khalissul Surya meminta agar kelima aspek dapat diisi pada relung jiwa anak dalam perjalanan beranjak dewasa.(IMF)

0 Komentar:

Posting Komentar