ead Empat anak trauma berat, Korban Gempa Aceh Tengah perlu tenaga Psikososial ~ KAPHA ACEH

Sabtu, Juli 06, 2013

Empat anak trauma berat, Korban Gempa Aceh Tengah perlu tenaga Psikososial

Foto korban gempa Aceh Tengah www.atjehpost.com
LAP
KONDISI Dusun Tengah, Desa Arul Pertik  Kecamatan Reusip Antara di Kabupaten Aceh tengah saat ini
sedang diperlukan pasokan obat-obatan, tenda,, susu untuk bayi  dan sembako dan beberapa tenaga psikososial. Hal ini berdasarkan laporan assesment Koordinator Lapangan Peduli Gayo Koalisi Advokasi dan Pemantau Hak Anak  (KAPHA), Sudarliadi yang disampaikan kepada KAPHANEWS, Sabtu, 6 Juli 2013.

Selain itu, masih berdasarkan laporan dari Sudarliadi  ditempat tersebut ada 27 ibu hamil, 8 ibu yang baru saja melahirkan dan 4 orang anak mengalami trauma yang cukup berat paska gempa 6,2 SR 2 Juli lalu. Anak yang mengalami trauma, Syahrul Dani , (8) sampai saat ini masih susah untuk diajak makan, menurut laporan tersebut juga saat mendengar kata gempa Syahrul langsung meayap dilantai dan menangis.

Syahrul merupakan siswa SD negri 2 Desa Arul pertik, hal yang sama dialami korban lainnya yaitu Alfin. Sedangkan dua orang anak lagi sampai saat ini masih belum data dikarenakan masih ditangani pihak Posyandu.

Ketua Dewan Pengurus KAPHA, Taufik Riswan mengatakan dalam situasi pasca bencana seperti ini perlu lebih mengutamakan kepentingan anak-anak, perempuan dan juga lansia.

"Karena anak-anak, perempuan dan lansia merupakan kelompok-kelompok yang rentan, maka segala sesuatu mengenai kebutuhan harus diutamakan kelompok-kelompok tersebut," kata Taufik Riswan.

Sampai saat ini relawan KAPHA yang berada dilokasi bencana masih terus melakukan assesment. Dua orang relawan KAPHA yang melakukan assesment yaitu , Sudarliadi dan Akmalul Riza.(IMF)

0 Komentar:

Posting Komentar