ead Penguatan Kelompok Anak di Ajuen ~ KAPHA ACEH

Kamis, Februari 28, 2013

Penguatan Kelompok Anak di Ajuen

Sudarliadi. Rabu, 27 Februari 2013

Janthoe, Di sebuah warung kopi Black Jack tepatnya di depan Taman Kota Banda Aceh yaitu Taman Sari terlihat Sejumlah Volunteer KAPHA menyiapkan Pelengkapan Kegiatan Penguatan Kelompok Anak menuju Gampoeng Ajuen, Minggu 24 Februari 2013.

KAPHA melakukan Penguatan Kelompok Anak di Gampoeng Ajuen adalah sebuah Rencana Tindak lanjut dari Workshop Penguatan Kelompok Anak untuk 6 gampoeng sebagai percontohan Gampoeng layak Anak menuju Kabupaten Layak Anak yang di selenggarakan oleh BKS, PP & PA Aceh Besar bekerja sama dengan KAPHA di SD Lambirah dan Pasir Putih beberapa Bulan yang Lalu.

Kepala Divisi Riset, Publikasi & Dokumentasi KAPHA M. Khalissul Surya mengatakan kepada Buletin KAPHA bahwa “ Memang Kegiatan tersebut adalah sebuah Rencana Tindak lanjut dari Workshop yang pernah dilakukan beberapa bulan yang lalu, tapi Kegiatan ini juga sebuah Kegiatan Rutinitas KAPHA yang bertujuan untuk membentuk Kelompok Anak Terstruktur di tiap-tiap Gampoeng yang ada di Aceh Besar dan sekitarnya. Kelompok Anak tersebut bisa menjadi Wadah untuk Anak berpartisipasi dalam mengembangkan potensinya, memang sekarang KAPHA fokus ke Gampoeng yang ada di Aceh Besar tapi kalau ada Gampoeng selain di Aceh Besar yang meminta bantuan kepada KAPHA untuk mendamping dalam Penguatan Kelompok Anak, kami siap membantu “. Jelas M. Khalissul Surya.

“ Kegiatan ini akan di awali dengan Pembukaan dari Geuchik Gampoeng Ajun, Pencairan Suasana Kelompok Anak, Idenfikasi Kelompok – Kelompok Anak yang ada di gampoeng Ajuen dan Pengorganisasian Kelompok-Kelompok Anak. Di dalam Pengorganisasian tersebut Fasilitator akan menjelaskan Apa itu Kelompok, Manfaat dan Tujuan Kelompok, Kelebihan dan Aturan-Aturan di dalam Kelompok dan hal-hal lain. Setelah itu tiap-tiap Kelompok Anak yang sudah Berdiskusi sambil bermain tersebut akan menampilkan hasil Kreativitas Kelompoknya Masing-masing di depan Kelompok yang lain dan di Akhiri dengan pembagian hadiah bagi Kelompok yang bagus dalan penampilan Kreatifitasnya ,” Pungkas Mahdalena Penanggungjawab Gampoeng dari Volunteer KAPHA.

Mahdalena juga mengatakan bahwa ,” Kegiatan ini di jalankan sesuai dengan hasil Koordinasi dengan TIM Pokja GLA dan Geuchik Gampoeng Ajuen, Modal untuk Kegiatan ini adalah Hasil Swadaya dan semangat yang kuat dari Volunteer KAPHA “. Tegas Mahasiswi yang hampil mendapat gelar Sarjana Hukum dari Universitas Muhammadiyah Aceh.

Dalam kesempatan yang sama Geuchik Gampoeng Ajuen juga mengatakan dalam Sambutannya ,” Terima Kasih banyak kepada Volunteer KAPHA yang telah meluangkan Pikiran, waktu dan tenaga untuk memfasilitasi Anak-anak yang ada di Gampoeng Ajuen ini, sebenarnya anak-anak di Gampoeng ini sering menghabiskan waktunya dalam hal-hal yang tidak bermanfaat seperti berkelahi, bertengkar dan lain-lain. Dengan adanya kegiatan seperti ini semoga Anak-anak di Gampoeng Ajuen bisa menjadi Anak yang Sehat, Ceria, Cerdas dan Berakhlak “. Kata Mahdi Hasyim.

Mahdi Hasyim juga berharap kepada masyarakat Gampoeng Ajuen dan Pemerintah Aceh Besar ,” Pastisifasi masyarakat dan pemerintah sangat di butuhkan untuk mengembangkan potensi Anak di Gampoeng yang kita cintai ini, seperti masyarakat menjadi contoh teladan bagi anak-anak gampoeng Ajuen dan juga Pemerintah memberikan tempat bermain yang Layak bagi Anak. Dengan seperti itu, semoga Anak-anak Gampoeng bisa menjadi Pemimpin masa depan yang baik “. Tambahnya.

0 Komentar:

Posting Komentar