ead PERNYATAAN SIKAP KAPHA ACEH Tentang “KEKERASAN SEXSUAL YANG MERAJALELA DI BUMI SYARIAT” ~ KAPHA ACEH

Rabu, April 03, 2013

PERNYATAAN SIKAP KAPHA ACEH Tentang “KEKERASAN SEXSUAL YANG MERAJALELA DI BUMI SYARIAT”


Salam Solidaritas dan Kemanusiaan untuk Kepentingan terbaik bagi Anak..!

60 Puluhan Aktivis Koalisi Advokasi dan Pemantauan Hak Anak (KAPHA) Aceh, melakukan Aksi Solidaritas Untuk Keluarga Almahurman Diana (Anak 6 tahun Korban Kekerasan Sexsual dan Pembunuhan) yang diduga Kuat dilakukan oleh Dua Orang Dewasa, dan salah satunya orang tedekat korban, yaitu paman dari Diana. atas peristiwa ini, Puluhan Aktivis KAPHA, Siang Kemarin Pukul 15.00 s/d 18.30 wib Melakukan Aksi Solidaritas dan ikutserta dalam Takziah Bersama di Rumah Duka di Peulanggahan, Banda Aceh.

Aksi solidaritas ini, di mulai star dari Taman Sari, dengan mengunakan kenderaan roda dua, puluhan aktivis KAPHA yang di Koordinir oleh Muhammad Munzir dan M. Khalissul Surya melakukan KONVOI KENDERAAN keliling kota Banda Aceh, Rute, Taman Sari, Melintas Jalan Muhammad Jam, terus Menuju Pasar Aceh Jln Diponogoro, menuju ke Simpang Lima, dibundara simpang lima, Puluhan Aktivis melakukan orasi sekitar 20 menit sambil membagi-bagikan selebara dan pernyataan sikap. (terlampir),

Setelah memmbacaakan pernyataan sikap, 60 orang aktivis KAPHA kembali KONVOI Keliling Kota dengan Rute : Simpang lima menuju simpang jambo tape, terus menuju ke simpang Surabaya, terus menuju ke Mesjid Baiturrahman, lalu menuju ke Gampong peulanggahan, dan bergabung dengan elemen sipil dan masyarakat lainnya di rumah duka untuk takziah bersama. setelah takziah, aktivis KAPHA berkumpul di lokasi penemuan Mayat korban, untuk refleksi dan mengikrar untuk terus mengawasi proses hukum bagi pelaku.

PERNYATAAN SIKAP KAPHA ACEH
Tentang “KEKERASAN SEXSUAL YANG MERAJALELA DI BUMI SYARIAT”
Angka kekerasan terhadap anak dan perempuan terus meningkat di Aceh. Ada sekitar 1060 kasus sepanjang tahun 2012. Angka ini temuan kasus yang dilaporkan di himpunan oleh Gerakan Perempuan Aceh dan Komnas Perempuan, kami menduga ada jutaan kasus lainnya yang tidak terungkap dan diperkirakan dari 3 anak, ada satu yang mengalami korban kekerasan di Aceh.

Peristiwa malapetaka 28 Maret 2013 yang menimpa adik kita “almarhumah Mardiana” bocah yang berusia 6 tahun merupakan Korban kejahatan seksual yang menimpanya diikuti dengan pembunuhan dan mutilasi” Tindakan biadab ini diduga kuat dilakukan oleh dua laki-laki dewasa yang juga orang terdekat dari keluarga korban (sumber harian serambi Indonesia).

Oleh karena itu, Kami dari Koalisi Advokasi Pemantauan Hak Anak (KAPHA) menyatakan sikap :

1. Memberi dukungan pada pihak kepolisian untuk Menindak tegas serta mengungkap tuntas proses hukum, serta memberikan jeratan hukum terberat dan berlapis kepada PELAKU KEKERASAN SEXSUAL TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK.

2. Menyatakan KEKERASAN SEXSUAL TERHADAP ANAK adalah KEJAHATAN KEMANUSIAAN.

3. Menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif dan tanggap serta peka dalam menjaga lingkungan sosial hidup dan memberikan pendidikan yang positif terhadap anak.

4. Mendesak Pemerintah Aceh, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh untuk mengimplementasikan langkah-langkah Perlindungan Khusus dan Membangun Komunitas Aman bagi perempuan dan anak di Daerahnya Masing-masing.

5. Mendesak Poltabes Banda Aceh dalam menginvestigasi kasus-kasus terkait kekerasan terhadap anak menjadikan penyelesaian yang harus segera diprioritaskan, termasuk dengan kasus ‘’Almh Mardiana’’.

Demikianlah pernyataan sikap ini kami sampaikan, semoga semua lebih peka/ sensitif terhadap persoalaan kekerasan seksual dan segala bentuk tindak keadaan yang di alami perempuan dan anak. dan Meminta Pemerintah Aceh untuk segera memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak dengan memprioritaskan Pemenuhan hak Anak dalam segala kebijakan, perencanaan program dan pelaksanaan Penyelengaraan Pemerintahan Aceh.

Tertanda, 01 April 2013
Koalisi Advokasi dan Pemantauan Hak Anak
Muhammad Munzir/Korlap :082364564857
M. Khalissul Surya/Jubir : 082163337353

Tembusan :
Sekretaris Jenderal KAPHA Aceh I Taufik Riswan
email : kapha.aceh@yahoo.com
blogs : http://kaphaaceh.blogspot.com/2013/03/aktivis-kapha-kutuk-pelaku-kebiadan.html
telp/hp : 08126993951alamat : Jl Punge BlangCut No 05 Banda Aceh

0 Komentar:

Posting Komentar