ead Anak di Indonesia Terancam Kekerasan Seksual ~ KAPHA ACEH

Sabtu, April 20, 2013

Anak di Indonesia Terancam Kekerasan Seksual

KAPHA ACEH
FOTO : Istimewa 
Ilustrasi
Metrotvnews.com, Jakarta: Kekerasan seksual terhadap anak-anak di bawah umur menjadi masalah serius bagi orangtua. Kekerasan seksual tidak hanya mengancam anak perempuan.

Pada awal April, kasus kekerasan seksual menimpa bocah laki-laki berusia lima tahun di Jakarta. Anak itu diduga menjadi korban kebejatan dua orang pria, yang salah satunya merupakan anggota kepolisian.

Kekerasan seksual lainnya dialami dua anak laki-laki kakak beradik. Korban dilecehkan seorang kakek berusia 54 tahun dengan iming-iming uang Rp1.000. Kasus terakhir terjadi di Bengkulu. Ibu rumah tangga berusia 40 tahun dilaporkan sebagai pelaku kekerasan seksual terhadap 16 anak laki-laki.

Kasus ini menambah daftar panjang, data kekerasan seksual yang dihimpun Komisi Nasional Perlindungan Anak. Pada Januari hingga Februari 2013, sudah terjadi 42 kasus kejahatan seksual terhadap anak di wilayah Jabodetabek. 

Psikolog Ratih Ibrahim menekankan, tindakan asusila dapat dilakukan siapa saja, terhadap siapa saja, dan tidak terbatas pada jenis kelamin.


Menurut dia, pembekalan pengetahuan dari orangtua kepada anak-anak mereka seharusnya diberikan saat anak masih berusia sekitar 12 hingga 16 tahun. Sehingga, anak memahami berhubungan seks hanya diperbolehkan pada usia di atas 21 tahun, dengan lawan jenis, dan hanya dalam hubungan pernikahan. (Arief Firmansyah).

0 Komentar:

Posting Komentar