ead Tayangan Edukatif Dukung Perkembangan Anak ~ KAPHA ACEH

Rabu, Mei 08, 2013

Tayangan Edukatif Dukung Perkembangan Anak

KAPHA ACEH
lustrasi anak menonton televisi (dailymail)
Di era yang serba digital saat ini, sebaiknya para orang tua mesti berhati-hati menyajikan tayangan televisi bagi buah hati. Mengapa demikian? Dalam acara seminar Pentingnya Tayangan Edukatif untuk Keluarga Indonesia yang berlangsung Selasa, 7 Mei 2013 di Lounge XXI Djakrta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, membicarakan pemanfaatan tayangan televisi dalam tumbuh kembang anak. Acara ini menghadirkan psikolog Sani B. Hermawan dan Christoper Oey, Senior Brand Manager Rinso.

Christoper menjelaskan pada Cerita di Balik Noda 2 yang dilakukan tempatnya sebagai usaha untuk mengispirasi para ibu supaya lebih terbuka dalam melihat hal-hal positif yang terjadi pada anak. Menurut pria yang biasa disapa Chris ini, supaya anak-anak dapat berkembang lebih optimal dan mengubah persepsi yang dimiliki para orang tua terutama si ibu, maka perlu mengajarkan sesuatu termasuk belajar dari hal kotor atau noda.

"Intinya, mengajarkan para ibu untuk melihat bahwa noda bukanlah suatu hambatan yang dapat menghalangi anak untuk belajar dan berkembang. Karena Berani Kotor itu Baik," kata Chris yang di acara ini juga meluncurkan tayangan Cerita di Balik Noda 2 yang disiarkan di seluruh televisi.

Chris menjelaskan sebanyak 13 episode film Cerita di Balik Noda 2 sarat dengan pesan moral yang didedikasikan untuk terus menginspirasi lebih banyak keluarga Indonesia. "Kami menyajikan naskahnya adalah pilihan kumpulan cerita para ibu Indonesia yang dipercaya membawa nilai-nilai positif untuk mendukung perkembangan anak," kata Chris.

Sementara psikolog Sani B Hermawan mengatakan nilai yang terkandung di tayangan televisi dapat membawa dampak positif dan negatif untuk anak. "Saya setuju bila saat ini kita membutuhkan lebih banyak tayangan televisi yang edukatif serta inspiratif yang dapat memberi manfaat baik bagi anak," kata psikolog berjilbab ini.

Sani menegaskan tayangan positif yang mengandung pesan moral akan mengangkat nilai-nilai psitif yang dapat menambah wawasan dan sesuai dengan usia anak.

Dia juga mengatakan tayangan televisi memiliki pengaruh terhadap perkembangan individu dan dapat memandu tindakan mereka kepada prilaku nyata. "Selain itu, mendorong individu meniru dan melakukan apa yang mereka lihat. Media massa menduduki peran penting dalam teori pembelajaran sosial," ujarnya.
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/07/174478569/Tayangan-Edukatif-Dukung-Perkembangan-Anak

0 Komentar:

Posting Komentar